Selasa, 28 April 2020

Fungsi Antena

Apa Itu Antena TV?
https://pixabay.com

Mungkin bagi kalian sudah banyak yang mengetahui apa itu antena, tapi tahukah kalian apa fungsinya dan bagaimana cara keja antena tersebut?

Kalau kita berbicara fungsi antena merupakan suatu alat listrik yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi gelombang elektromagnetik kemudian memancarkan keruang bebas begitupula sebaliknya antena berfungsi menangkap gelombang elektromagnetik dari ruang bebas dan mengubahnya menjadi sinyal listrik, oleh sebab itu antena ini di perlukan baik untuk perangkat yang memancarkan sinyal maupun menerima sinyal.
Pada umumnya antena terdiri dari elemen atau susunan bahan logam yang terhubung degan saluran transmisi dari pemancar maupun penerima yang berkaitan dengan gelombang elektromagnetik.
Oleh karena itu antena merupakan elemen terpenting dalam suatu rangkaian dan perangkat elektromagnetik dan perangkat tersebut adalah perangkat yang bersifat wireless atau perangkat tanpa kabel, sebagai contoh seperti,Televisi, Radio, Radar, Ponsel dan GPS.

Adapun cara kerja antena tersebut tersebut kita contohkan pada sebuah stasiun televisi yang ingin memancarkan programnya, pertama kali satasiun pemancar tersebut harus merekam gambar dan menangkap suara melalui alat yang dapat mengubah gambar dan suara tersebut menjadi sinyal listrik.sinyal listrik tersebut akan masuk kerangkaian pemancar untuk di modulasi dan diperkuat sinyal RF-nya.
https://tokoparabolaminidigital.blogspot.com/2020/04/fungsi-antena.html

Dari rangkaian pemancar tersebut. sinyal listrik listrik akan mengalir ke sepanjang kabel transmisi antena hingga mencapai antenanya. Elektron yang terdapat dalam sinyal listrik tersebut bergerak naik turun sehingga menciptakan radiasi elektromagnetik dalam bentuk gelombang radio.
gelombang yang menyertakan program Televisi tersebut akan dipancarkan dan melakukan perjalanan dengan kecepatan cahaya, sehingga pada saat orang yang mengaktifkan Televisi sesuai dengan frekuensi pemancar di jarak beberapa kilometer, kemudian gelombang radio yang dikirimkan tersebut akan diterima melalui antena dan menyebabkan elektron bergerak naik turun pada antena sehingga menimbulkan energi listrik, energi listrik ini kemudian diteruskan ke rangkaian penerima, sehingga kita dapat melihat berbagai program dari stasiun Televisi tersebut.

https://pixabay.com









Untuk pemasangan antena cek disini
Jakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar